Kamis, 30 November 2017

TIPS Mengemudi Mobil Dalam JEBAKAN LOKASI BANJIR


Ada kalanya tanpa sepengetahuan kita saat mengemudi, tiba-tiba terjebak dalam lokasi banjir. Untuk itu tidak perlu panik dulu, tenang sejenak. Berikut ada beberapa tips yang disarankan, untuk meminimalisir resiko terjebak banjir saat mengemudi mobil.


1. Mengemudi di tempat banjir tak  perlu ngebut. Mengapa?  Utk ngehindarin cipratan berlebih diruangan mesin yang berpotensi bikin mogok.

2. Menerjang banjir paling aman pakai gigi 1 ( kalau mobil matic pindah ke L atau 1).  Karena beban mobil lebih berat waktu menerjang banjir.
3. Tak perlu resah urusan knalpot kemasukkan air.   Karena knalpot tak akan bisa kemasukkan air selama mesin tetap nyala.
4. Daripada knalpot, yang harus diperhatikan justru filter udara di ruang mesin.  Karena bagian ini lebih rentan bikin mogok di banjir.
5. Sebab filter udara yg kemasukkan air (cipratan dari menerjang banjir) bisa bikin mogok.  Maka dari itu perlahan saat melintas.
6. Jika memungkinkan, hindari berhenti ditengah banjir. Karena saat mobil berhenti, permukaan air akan naik di ruang mesin.
7. Pada dasarnya, mobil bermesin diesel lebih aman nerjang banjir dibanding mesin bensin.  Diesel lebih bersifat 'Waterproof'.
8. Kenapa tak boleh terlalu di gas waktu lewat banjir ?  Karena filter udara semakin kuat nyedot udara. Makin berpotensi ngisap air.
9. Selalu siaga dan cermat.  Tanpa disadari, yang bikin mobil  mogok justru terjangan ombak air berlebih dari mobil sebelah.
10. Setelah melewati genangan, jangan langsung mengebut.  Cukup berbahaya karena kondisi rem kita masih sangat licin.
11. Cara mengeringkan rem setelah melewati genangan?  Cukup lakukan rem kecil berulang hingga terasa menggigit kembali.
12. Untuk mobil manual, usahakan menghindari menginjak kopling saat berada di genangan banjir. Mengapa? Karena menginjak kopling di genangan banjir membuat air masuk ke transmisi. Berpotensi merusak transmisi karena oli bercampur air.
13. Jika belum familiar dengan jalan yang dilalui.   Usahakan jangan melintas pinggir jalan.  Mungkin saja ada selokan / lubang.
14. Bila mobil ngambang terseret arus,  buka semua pintu biar mobil tenggelam dan ban dapat traksi maju. (kondisi mesin masih bertahan hidup)
Dilarang menggunakan seat belt.
Kaca dibuka untuk jaga2 kalo harus evakuasi keluar mobil.
Yg paling aman; ada banjir segera berhenti sebelumnya. Lebih baik menunggu daripada terseret arus atau kesetrum listrik PLN bocor. ⚠
Semoga bermanfaat... Tuhan Memberkati.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar