Jumat, 17 November 2017

Hukum Archimedes, Archimedes Law





Hukum Archimedes : 

Kalau sebuah benda ( berat W ) dimasukkan /celupkan ke dalam zat cair, maka benda tersebut akan memdapat  gaya ke atas  yang dinamakan  gaya apung ( Fa ) sebesar berat zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut.
Sebagai akibatnya oleh  gaya ke atas ( Fa ), maka berat beda di dalam zat cair akan berkurang sebesar Fa ( akibat dari perpindahan volume zat cair oleh benda ) >>> sehingga benda yang diangkat di dalam zat cair akan lebih ringan daripada benda yang diangkat di luar zat cair.





2.      Tenggelam :  bila benda yang dimaukkan ke dalam zat cair berat jenisnya lebih besar dari pada berat jenis zat cair .    W > Fa
3.      Melayang :  bila benda yang dimaukkan ke dalam zat cair berat jenisnya sama dengan pada berat jenis zat cair .    W = Fa

Beberapa Aplikasi Hukum Archimedes :
1. Kapal  Selam  










Kapal selam bisa menyelam dan bisa mengapung, karena terdapat tangki dimana bila kapal selam berada di luar air tangkinya akan terisi udara sehingga bisa mengapung. Dan bila kapal selam dimasukan ke dalam air maka tangki akan terisi air sehingga kapal bisa menyelam.

2. Hidrometer 







2 komentar: