Rabu, 15 November 2017

Tanaman Buah Dalam Pot – Cepat Berbuah




Agar tanaman buah dalam pot cepat berbuah  setidaknya ada beberapa hal yg perlu diperhatiakn :

1.     Kendalikan kadar air agar terjadi Stres air

Stres air untuk merangsang agar tanaman pot cepat berbuah lebat cara sangat mudah.yang perlu dilakukan hanya dengan cara jangan melakukan penyiraman pada waktu tertentu. Misalnya, lakukan penyiraman pada tanaman pot tersebut supaya tanaman tersebut tidak mati saja.bisa 10 hari sekali atau bahkan siram 1 kali dalam sebulan. 
Agar cepat berbuah tanaman pot, lakukan stes air ini selama 3 bulan saja,kemudian setelah 3 bulan, lakukan penyiraman normal seperti biasa, setiap pagi dan sore hari, tak bakalan lama tanaman buah tersebut akan berbunga dengan lebat.,  selanjutnya berbuah.
Selain itu juga lakukan pemupukan dengan Pupuk NPK dengan takaran satu sendok makan di tabur secara merata untuk menyuburkan daun dan membesarkan batang.
Biasanya tak lama setelah kita melakukan stres air pada tanaman buah dalam pot cara ini, hanya di butuhkan waktu 1 sd 2 bulan saja,bibit tanaman tersebut akan langsung berbunga lebat.

2.     Rajin melakukan pemangkasan pada tanaman, contohnya lakukan pemangkasan  sebulan sekali. Sebab kalau tidak di pangkas, tunas pada tanaman tidak akan tumbuh


3.     Tanaman tidak boleh disiram terus menerus, penyiraman terus menerus akan mengakibatkan tanaman layu.  Penyiraman yang baik, harus dilakukan dua hari sekali agar mendapatkan hasil yang optimal. 


4.     Jangan lakukan stres air pada waktu musim kemarau, karena bisa menyebabkan kematian pada tanaman.


5.     Harus lakukan pemupukan NPK dengan dosis yang rendah. Pemberian pupuk harus berdasarkan dosis yang sesuai anjuran.


6.     Harus melakukan penyiraman  ZPT seperti Atonik yang di campur dengan pupuk daun berdosis tinggi.


7.    Supaya tanaman pot cepat berbuah dapat dilakukan pengeratan pada batang. Caranya,  batang tanaman dikerat / dilukai. Gunanya untuk menghalangi makanan yang telah ada di batang turun lagi melewati susunan kambium.  Cara pengeratan akan merangsang tanaman pot cepat berbuah. Pengeratan dilakukan dalam periode  musim panen . Jangan lakukan pengeratan secara terus-menerus karena dapat mengakibatkan batang tanaman dimasuki air serta mengakibatkan busuk pada batang dan akar. Hindari juga Pengeratan batang pada musim hujan, dapat berakibat busuk pada batang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar